Berwisata di Gua Maria Gurung Sepangin Lubuk Mantuk

0

Berkunjung ke Kapuas Hulu belum afdol rasanya kalau belum mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini. Walaupun belum terlalu banyak warga masyarakat Kapuas Hulu yang mengetahui keberadaannya, tapi tempat ini tidak asing bagi umat katolik, khususnya bagi paroki Peniung-Bunut. Hal ini di karenakan Keuskupan Sintang pada tahun 1990an meresmikan air terjun ini sebagai tempat wisata atau ziarah bagi umat katolik dengan mendirikan Patung Bunda Maria di area air terjun tersebut.

Lokasi yang dulunya dijadikan tempat ziarah bagi umat katolik ini, kini terbuka untuk umum. Para pengunjung diharuskan untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian destinasi ini serta membayar Rp5000,00 untuk bisa mengekspos indahnya alam perbukitan Lubuk Mantuk ini.

Air terjun Gua Maria Gurung Sepangin sendiri terletak di bagian selatan dari ibu kota Kapuas Hulu ( Putussibau ). Tepatnya berada di Kecamatan Nanga Kalis, Desa Tekudak Dusun Lubuk Mantuk. Jarak yang ditempuh untuk bisa sampai ke tempat ini dari Putussibau kurang lebih 33 km. Bila kita menggunakan kendaraan roda dua dengan kecepatan 60 km/jam, maka kita akan tiba di kampung Lubuk Mantuk berkisar 35-45 menit saja. Hal ini didukung oleh akses jalan yang cukup baik, walaupun ada juga jalanan dengan batu krikil sepanjang 2,5 km dari simpan 31 ke perkampungan. Sesampainya di perkampungan, kita harus berjalan kaki sejauh 2,5 km dari jalan lintas negara yang hanya ditaburi dengan batu krikil saja. Jalan setapak yang kita lalui ini melintasi kebun karet dan bekas ladang serta di lanjut dengan menyebrangi beberapa anak sungai dan tanjakan-tanjakan kecil khas perbukitan. Perjalanan yang tentunya menguras fisik dan adrenalin sobat alamian.

Semoga sobat alamian tidak terhalang dengan akses-akses jalan yang menantang tersebut ya, karena sejatinya itulah tantangan sesungguhnya bagi para pecinta alam yang siap menanti petualangan sobat alamian.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here