Dieng, Negeri Atas Awan

0

Dataran tinggi dieng adalah kawasan vulkanik aktif yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berada disebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2.000 mdpl dengan suhu berkisar 12-20°c di siang hari dan 6-10°c di malam hari.

Dikawasan dieng terdapat berbagai macam fenomena alam yang menarik dan unik serta pemandangan yang indah mulai dari Bukit Sikunir, Telaga Warna, Gunung Prau hingga acara pemotongan rambut bocah gimbal.

Berbagai keindahan alam dan budaya tradisional yang ada di dieng ini perlu dijaga dan dilestarikan sehingga keberadaannya tidak punah tergerus perkembangan zaman. Hal ini disadari betul oleh kelompok sadar wisata (mpokdarwis) Dieng Pandawa. Tercatat tahun 2010 kelompok ini berhasil mengadakan Dieng Culture Festival untuk pertama kalinya berkat kerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara. Event kebudayaan ini digagas sebagai kegiatan untuk pelestarian budaya dan tradisi sekaligus sebagai promosi potensi wisata alam dan kebudayaan di dataran tinggi dieng. Acara utama dalam Dieng Culture Festival adalah ritual cukur rambut anak gimbal, dimana dalam tradisi masyarakat di dataran tinggi dieng, anak gimbal jika hendak dicukur rambutnya harus melalui prosesi ruwatan sakral. Tradisi tersebut masih bertahan hingga saat ini. Acara ini juga dimeriahkan dengan acara pendukung antara lain penampilan musik jass atas awan, pelepasan lampion, sendratari khas dataran tinggi dieng, pementasan wayang kulit dan lomba film dokumenter.

Sisa peradaban dan kebudayaan masa lalu serta keindahan alam yang ada di negeri atas awan kini dikemas dalam kegiatan apik nan romantis sebagai pemikat hati bagi yang merindukan perpaduan keindahan alam, keunikan budaya dan keramah tamahan warga dieng kedalam Dieng Culture Festival. Tahun ini rencananya Dieng Culture Festival akan diselenggarakan tanggal 4-6 Agustus 2017.

So, sobat alamisme yang ingin merasakan keindahan alam, keunikan budaya dan keramah tamahan masyarakat dieng bisa langsung datang ke acara ini.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here