Formasi Mendaki Gunung agar Tetap Aman

0

Mendaki gunung dengan kawan dan rombongan tentunya menghadirkan keseruan tersendiri bagi para pendaki. Namun, ternyata ada tips khusus bagaimana membentuk barisan saat mendaki agar meminimalisir kecelakaan saat melakukan pendakian. Mulai dari meminimalisir tersesat hingga jatuhnya korban jiwa seperti beberapa kasus kecelakaan di gunung yang disebabkan rombongan meninggalkan korban demi mengejar puncak. Untuk itu, mimin mau berbagi tips formasi mendaki gunung agar tetap aman selama pendakian sobat alamian.

Pertama dimulai dari jumlah pendaki yang berjumlah ganjil. Hal ini berguna saat kita kepepet dan harus memutuskan sesuatu yang bersifat urgent di alam dengan cara memvoting, Selanjutnya buat fomasi rombongan menjadi tiga kelompok formasi dalam satu barisan. Pendaki posisi paling depan disebut rider. Posisi ini di isi para pendaki yang cukup profesional dalam hal jalur pendakian dan navigasi. Tugas posisi ini berguna untuk memastikan jalur yang akan dilewati dan meminimalisir tersesatnya rombongan.

Kemudian lapisan kedua diisi para pendaki pemula dan pendaki wanita sedangkan untuk posisi paling belakang diisi orang yang profesional dalam pendakian gunung, terutama dari kalangan yang lebih dewasa. Hal ini bertujuan untuk menjaga rombongan agar tak ada yang tertinggal. Posisi paling belakang ini biasa mendapat julukan sebagai tim sapu bersih.

in frame : memodindanugraha

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here