Fungsi Hutan Mangrove

0

Hutan mangrove memiliki peran ekologis yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Hutan ini memiliki banyak fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, menahan abrasi, sumber keanekaragaman hayati dan rekreasi.

Penyedia sumber makanan.
Hutan mangrove merupakan tempat berkembang biak ikan, udang, kepiting dan hewan lainnya. Hewan-hewan tersebut tentunya dapat dibudidayakan dan dimanfaatkan untuk sumber makanan. Keberadaan mangrove tentunya berhubungan positif dengan produksi perikanan setempat.

Bahan baku industri.
Selain sumber makanan, mangrove juga bisa diambil kayunya untuk bahan bangunan dan industri. Konon pulp yang diambil dari kayu mangrove merupakan bahan baku untuk kertas premium. Kayu bakar dari mangrove juga terkenal bermutu tinggi.

Menahan abrasi.
Hutan mangrove tumbuh disepanjang garis pantai seakan memisahkan antara daratan dan lautan. Keberadaannya dapat menghambat gelombang dan angin yang datang dari arah laut agar tak langsung membentur daratan. Pada daerah yang memiliki tutupan mangrove hampir tak pernah ditemukan abrasi parah. Bahkan di daerah-daerah tertentu keberadaan mangrove sudah dimanfaatkan untuk melindungi pemukiman.

Sumber keanekaragaman hayati.
Hutan mangrove merupakan sumber plasma nutfah dan keanekaragaman hayati. Selain ikan, hutan mangrove juga menjadi habitat berbagai jenis satwa mulai dari jenis-jenis burung hingga primata.

Rekreasi.
Kegiatan rekreasi ternyata juga dapat dilakukan di hutan mangrove. Beberapa tempat destinasi wisata sudah banyak dikembangkan dari keberadaan hutan mangrove. Mulai dari hutan mangrove pantai indah kapuk di Jakarta, hutan mangrove di Bali hingga hutan mangrove margoluyo di Kalimantan Timur.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here