Gunung Rinjani di Tutup Pasca Gempa Lombok

0

Seluruh jalur pendakian ke Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) ditutup sampai waktu hasil pengecekan jalur pendakian dinyatakan aman.

Berkaitan dengan masih sering adanya gempa susulan baru jam 16 00 wita ini Tim BTNGR berani mengirimkan anggota utk melakukan survey awal evakuasi.

Mitra medis dari Edelweis Medical Health Center (EMHC) belum bisa masuk melakukan evakuasi, dikarenakan para guide dan porter dari sembalun yang biasa ikut terlibat, masih trauma dan banyak dari keluarganya yg mengalami musibah.

Data pendaki yg masuk ke kawasan tgl 27 dan 28 juli sejumlah 820 orang, dengan rincian 617 orang Wisatawan mancanegara dan 203 orang Wisatawan domestik. Sampai berita ini kami laporkan, sebanyak 554 orang pendaki sudah berhasil turun dari kawasan sedang sisanya sebanyak 266 orang diduga masih dlm kawasan.

Berdasarkan laporan petugas Tim disekitar area danau, utk evakuasi darat terhalang oleh longsoran batu dari tebing sekitar yang menutup akses jalan, sehingga menyulitkan utk dilakukan evakuasi di malam hari.

Dari lokasi dilaporkan pula terdapat satu korban meninggal teridentifikasi an Zaenul yg merupakan WNI asal Makassar, dengan posisi jenazah masih di dalam kawasan.

Tim sudah koordinasi dg pihak BASARNAS, BPBD, TNI-POLRI dan Pemda setempat utk :

  1. Membentuk Posko di sembalun dipimpin oleh Kapolres Sembalun.
  2. Membentuk tim Evakuasi yg akan diturunkan malam ini utk mendekati lokasi evakuasi.

Mohon doanya untuk saudara-saudara kita, semoga diberikan keselamatan dan ketabahan menghadapi musibah ini. Dan kami turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada korban musibah gempa bumi.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here