Hari Mangrove Sedunia

0

Taukah sobat alamian jika mangrove itu memiliki manfaat yang banyak untuk manusia dan lingkungan sekitar? Beberapa waktu lalu kami pernah membahasnya dalam artikel yang berjudul “Fungsi Hutan Mangrove”. Namun belakangan ini sebagian besar hutan mangrove hilang karena perubahan fungsi hutan mangrove menjadi tambak, pemukiman, wisata pantai dan perkebunan. Padahal hutan mangrove memegang peranan penting bagi kehidupan pesisir, baik secara ekologi, ekonomi maupun sosial yang tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat pesisir dan sekitar hutan mangrove.

Sedikit kami review dari tulisan kami sebelumnya yang berjudul “Fungsi Hutan Mangrove”, Manfaat mangrove sangat banyak mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, menahan abrasi, sumber keanekaragaman hayati dan rekreasi. Hutan mangrove juga berguna untuk kehidupan dan perkembangbiakan satwa yang ada di pesisir, seperti kepiting, burung dan satwa lainnya. Namun sayangnya beberapa manfaat hutan mangrove tersebut terancam tak bisa dirasakan oleh anak cucu kita. Kerusakan dan perubahan fungsi hutan mangrove menjadi faktor utamanya. Prof. DR. Ir. Cecep Kusmana, Guru Besar Ekologi dan Silvikultur Mangrove, Institut Pertanian  Bogor (IPB) mengungkapkan,”saat ini 20-50% mangrove di dunia rusak dan kerusakan terbesar ada di Indonesia.” Bahkan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menyatakan keprihatinan atas rusaknya lebih dari 50% hutan mangrove di Indonesia. Padahal sebagai negara kepulauan, mangrove adalah salah satu ekosistem penting bagi pulau-pulau di Indonesia.

Untuk itu, bertepatan dengan Hari mangrove Sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 Juli (kemarin) seharusnya bisa kita jadikan momentum bersama untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan hutan mangrove yang ada. so, sobat alamian juga bisa berkontribusi menjaga hutan mangrove indonesia dengan cara melakukan penanaman dan perawatan terhadap mangrove yang ada disekitar tempat tinggal sobat alamian ya.

penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here