Frostbite atau Radang Dingin yang Menyiksa

0

Radang dingin adalah gangguan yang disebabkan oleh kondisi suhu tubuh di bawah titik beku . Kondisi dingin tersebut dapat menjadi penyebab terjadinya pembekuan kulit dan jaringan yang terdapat di bawahnya . Jari-jari tangan dan kaki yang paling sering terkena tetapi ekstremitas lainnya termasuk hidung , telinga , dan pipi juga dapat mengembangkan radang dingin. Pada radang dingin yang tergolong ringan, kondisi ini dapat pergi dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan. Akan tetapi pada radang dingin yang tergolong parah, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan jaringan secara permanen dan memerlukan pengobatan.

Penyebab frostbite

Penyebab radang dingin adalah adanya suhu dingin yang mempengaruhi jaringan tubuh. Radang dingin dapat terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya membeku. Tetapi juga dapat disebabkan oleh kontak langsung dengan es, logam pembekuan atau cairan yang sangat dingin.

Gejala frostbite

Gejala yang terlihat biasanya adalah adanya rasa dingin yang sangat menusuk terutama pada bagian yang terkena, seperti pada jari tangan dan kaki. Selain itu orang yang mengalami radang dingin juga akan merasakan gejala seperti mati rasa, sendi terasa kaku, kulit mengeras, warna kulit memutih, dah mungkin akan merasakan adanya kesemutan, Pada radang dingin yang parah gejala yang bisa terlihat adalah pelepuhan dan pada jaringan di bawah kulit.

Perwatan dan Pengobatan frostbite

Untuk radang dingin yang ringan, kita bisa mengatasi radang dingin dengan menghangatkan tubuh. Misalnya tangan dan kaki kita yang terkena radang dingin, maka kita bisa menghangatkannya dengan membungkusnya dengan selimut. Hindari bergerak atau berjalan jika tangan dan kaki yang terserang, hal ini agar kita terhindar dari patah tulang. Dalam mengobat radang dingin terkadang juga diperlukan obat obatan medis seperti obat pereda sakit dan anti inflamasi.

Source:http://www.referensisehat.com/2015/04/gejala-penyebab-cara-mengatasi-radang-dingin-frostbite.html?m=1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here