Gunung Merapi Via Sapuangin

0

Jalur pendakian Merapi via Sapuangin Klaten dibuka kembali pada Mei 2017 setelah ditutup pasca erupsi Merapi 2010. Erupsi gunung Merapi pada 2010 telah menutup jalur pendakian serta membuat perubahan besar pada beberapa sisi gunung. Selain terbentuknya jalur kawah ke kaki gunung, aliran lahar dingin yang beberapa kali mengalir mengakibatkan kontur geografis berubah.

Gunung Merapi via New Selo adalah jalur pendakian paling populer dan resmi bagi pendakian gunung Merapi. Karena New Selo merupakan jalur utama dan satu-satunya, maka sering kali terjadi lonjakkan pengunjung khususnya di akhir pekan. Untuk itu pihak pengelola dari TNGM memutuskan untuk membuka kembali jalur pendakian lain yang sempat ditutup sejak lama, yakni jalur pendakian Sapuangin.

Basecamp Sapuangin terletak di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, kabupaten Klaten. Jalur ini sebenarnya dilewati juga oleh beberapa pendaki sejak 2016, namun hanya sebagian kecil saja karena jalur ini sangat ekstrim dan trek tertutup. Beberapa kegiatan seperti kegiatan camping dan pengukuhan juga sering dilakukan di kaki gunung Merapi di Sapuangin tersebut. Namun, untuk pendakian sampai atas masih ditutup. Hingga pada tanggal 12 Mei 2017 jalur pendakian Sapuangin diresmikan dan dibuka untuk para pendaki.

Yuk sobat Alamian kita coba jalur terbarunya…

Sumber: http://infopendaki.com/jalur-pendakian-merapi-via-sapuangin-klaten-lengkap/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here