Legenda di Gunung Baung

0

Gunung Baung terletak di dalam Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Baung Pasuruan, Jawa Timur. Di masyarakat sekitar berkembang sebuah legenda yang berkisah tentang seorang putri yang merasa kesepian dan memilih bertapa pada goa yang ada dibalik air terjun Gunung Baung. Hingga pada suatu malam, datang seorang pemuda desa yang tampan rupawan ke air terjun tersebut untuk mandi. Di balik air terjun, sang putri mengamati pemuda tersebut dan mulai jatuh hati dengan ketampanannya. Untuk bisa menarik perhatian sang pemuda, putri tersebut mengeluarkan kesaktiannya hasil dari bertapa dengan membunyikan suara tabuhan musik gamelan disertai aroma wangi bunga yang semerbak dan selanjutnya sang putri keluar dari tempat bertapanya untuk menghampiri pemuda tersebut. Sejak saat itu, pemuda tersebut dikabarkan hilang dan tak pernah diketahui keberadaannya.

Legenda inilah yang hingga saat ini masih berkembang dimasyarakat sekaligus mengingatkan ke para pengunjung Taman Wisata Alam Gunung Baung untuk berhati hati saat mengunjungi air terjun ini. Apalagi bagi seorang lelaki, apabila sang putri menyukainya, maka dikabarkan lelaki tersebut bisa hilang atau meninggal dunia. Mitos ini diperkuat dengan kejadian adanya seorang pemuda yang mati ditempat ini karena mencoba mandi di bawah air terjun.

Nama Baung sendiri diambil dari suara macan yang mengaum sangat keras hingga terdengar sampai air terjun ini sehingga oleh masyarakat sekitar dinamai dengan nama air terjun Gunung Baung. Sudah selayaknya Kawasan Hutan Gunung Baung yang ditunjuk sebagai Taman Wisata Alam Gunung Baung dengan luas 195,5 ha beserta kisah legenda di dalamnya perlu dilestarikan guna menjaga kelestarian ekosistem dan alam serta kearifan lokal yang ada.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here