Jenis Binatang yang Bisa dimakan saat Survival

0

Dalam setiap keadaan darurat saat melakukan perjalanan di alam bebas, kita dituntut untuk bisa bertahan hidup atau biasa lebih dikenal dengan istilah survival. Orang yang bertahan hidup di alam bebas atau survivor harus memiliki kemampuan dan teknik untuk membantu dirinya tetap bisa survive di alam. Namun, ada kendala tersendiri bagi survivor seperti kehabisan makanan saat mencari jalan keluar. Disisi lain, perut harus tetap terisi dengan makanan agar energi didalam tubuh dapat membantu dalam pencarian jalan keluar dari situasi survival ini.

Pemenuhan kebutuhan makan ini tak boleh dianggap remeh oleh para survivor. Makanan yang akan dikonsumsi  haruslah yang tidak beracun dan mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Selain membantu memulihkan tenaga, makanan ini juga dapat menghangatkan tubuh dan mencegah dari hipotermia.

Ada banyak sekali makanan yang dapat ditemukan di alam bebas baik di pegunungan, rawa,  ataupun di sungai. Makanan dari jenis tumbuh-tumbuhan paling mudah didapat karena kita tidak perlu memasang jebakan atau perburuan, tapi memiliki resiko keracunan bagi yang tidak bisa membedaan tumbuhan yang bisa di konsumsi dan yang tak bisa dikonsumsi.

Selain tumbuh-tumbuhan, ada beberapa jenis binatang yang bisa dimakan saat situasi survival dan bisa mencukupi kebutuhan energi untuk tubuh kita. Berikut ini beberapa binatang yang bisa dikonsumsi dalam keadaan survival.

Di Pegunungan

Semua binatang liar atau buas darat sungai dan burung yang ada di pegunungan dapat dimakan. Ada burung, jangkrik, serangga, kelelawar, katak, tikus dan cacing merupakan binatang yang bisa makan dalam situasi survival.

Di Rawa

Ular, biawak, burung, kodok hijau, kepiting, kerang dan tupai rawa merupakan beberapa makanan yang bisa kita dapatkan di Rawa. Tentunya untuk mendapatkan beberapa binatang ini, kita harus menguasi teknik berburu dan beberapa alat sebagai pembantu.

Di Sungai

Tidak jauh berbeda dengan binatang rawa, di sungai kita bisa mendapatkan biawak, kodok hitam dan ikan. Semua jenis binatang ini bisa di dapatkan tergantung pada kemampuan kita untuk memburunya.

Itulah beberapa jenis binatang yang bisa di manfaatkan saat berada di situasi survival. Sobat alamian juga diusahakan agar tidak memburu binatang yang dilindungi dan terancam punah ya, karena merekapun sama seperti kita, dalam kondisi survival demi keberlangsungan dan kelestarian spesiesnya agar tidak punah.

Kondisi survival ini tentunya dapat kita hindari dengan memperhatikan manajemen perjalanan yang meliputi kesiapan fisik, mental, wawasan dasar kondisi alam yang akan ditempuh dan logistik untuk kebutuhan makanan kita dalam melakukan perjalanan.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here