Keindahan Atol Terbesar Ketiga di Dunia

0

Gugusan Atol seluas 220.000 ha menempatkan Atol yang berada di Taman Nasional Taka Bonerate menempati peringkat Atol terbesar ketiga di dunia setelah Atol Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Atol Sulvadiva di Maladewa. Atol sendiri merupakan kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar atau hampir melingkar menyerupai cincin yang mengelilingi laguna didalamnya.

Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate sendiri berada di Kecamatan Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan. Dalam bahasa lokal bugis, nama Taka Bonerate memiliki arti hamparan karang di atas pasir. Tempat ini dapat di tempuh dari kota Makassar menggunakan bus menuju Bulukumba dengan waktu tempuh 5 jam, kemudian perjalanan dilanjutkan melewati pelabuhan penyebrangan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar sekitar sekitar 2 jam perjalanan dilanjut perjalanan darat ke kota Benteng sekitar 1,5 jam. Akses lainnya bisa di tempuh dengan jalur udara yaitu dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Udara H. Areoppala Kepulauan Selayar. Sesampainya di kota Benteng, perjalanan bisa dilanjut ke pulau terdekat yaitu Pulau Rajuni dengan menggunakan kapal kayu selama 5 jam perjalanan.

Di tempat ini wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat yang ada seperti Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, Pulau Latondu, Pulau Jinato, Pulau Pasi Tallu yang masing-masing tempat nya memiliki kearifan lokal dari Suku Bajo dan Bugis. Di tempat ini juga disediakan atraksi kawanan bayi hiu dari jenis Black Tip dan juga pesona akuarium bawah laut mulai dari Taman Kima di Pulau Tinabo, Taman Transplatansi di Pulau Jinato dan juga karang warna warni serta keindahan berbagai ikan karang plus pemandangan senja yang indah nan eksotis.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here