Mengenal Gunung Bawakaraeng

0

Memiliki arti nama tersendiri bagi masyarakat sekitarnya. Bawa artinya Mulut sedangkan Karaeng sendiri artinya Tuhan. Gunung Bawakaraeng atau Gunung Mulut Tuhan merupakan gunung yang di sakralkan oleh masyarakat setempat. Dengan ketinggiannya yang mencapai sekitar 2.830 mdpl, menjadikannya sebagai gunung tertinggi ke-lima di Provinsi Sulawesi Selatan. Gunung ini di dominasi oleh vegetasi hutan dataran rendah, hutan pegunungan bawah dan hutan pegunungan atas dengan berbagai kehidupan flora dan fauna di dalamnya. Termasuk pula dalam kawasan wilayah hutan wisata dan hutan lindung Lompobatang.

Gunung Bawakaraeng termasuk dalam Wilayah Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan atau berjarak sekitar 75 Km dari Kota Makassar.

Jalur pendakian yang sering digunakan adalah melalui Desa Lembanna yang merupakan desa terdekat untuk memulai pendakian. Untuk menuju ke Desa Lembanna, anda dapat menempuhnya dari pusat Kota Makassar dengan naik angkot atau biasa disebut pete-pete menuju Terminal Sunggu Minasa dengan membayar ongkos sekitar Rp 3.000*) per orang. Dari terminal Sunggu Minasa, kemudian berganti dengan angkutan desa berwarna merah tujuan malino dan berhenti sampai di Desa Lembanna. Perjalanan dapat di tempuh dalam waktu sekitar 2-3 jam dengan membayar ongkos sekitar Rp 30.000*) per orang.

Sumber: http://www.wisatagunung.com/blog/gunung-bawakaraeng-sulawesi-selatan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here