Mengenal Lebih Dekat Vertical Rescue Indonesia

0
Bentang alam Indonesia yang memiliki banyak keindahan alam mulai dari bawah laut hingga puncak gunung yang tentu menjadi obyek wisata ataupun permukiman tempat tinggal masyarakat dimana banyak pula wilayah yang rawan terjadi bencana alam membuat para penggiat alam berinisiatif membentuk suatu organisasi yakni Vertical Rescue Indonesia. Apa itu Vertical Rescue Indonesia ? Yuk, disimak artikel menarik yang satu ini.
Vertical Rescue adalah bagian dari operasi SAR dengan Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) objek (baik barang maupun manusia/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/terjal baik kering maupun basah.
Aplikasi Vertical Rescue selain digunakan dalam ‘Rock Climbing’ dan ‘Caving’, juga digunakan oleh para pekerja tambang, pekerja ketinggian, pemadam kebakaran dan pastinya digunakan oleh kalangan Militer untuk kebutuhan-kebutuhan taktis.
Bang Alex Patti selaku komandan Vertical Rescue Indonesia Jakarta saat ditemui dalam acara HUT ke-4 Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek di Bumi Perkemahan Gunung Bunder, Bogor (21/1) mengatakan “Vertical Rescue Indonesia merupakan tempat para penggiat dunia vertical mulai dari tebing hingga aktivitas gedung, urban dan alam. Sampai saat ini sudah mempunyai kurang lebih 7000 anggota di seluruh Indonesia”.
“Vertical Rescue Indonesia sendiri mempunyai program yang sudah berjalan diantaranya Pendataan Jalur Tebing, Gerakan 1 Juta Pemanjat Tebing untuk Indonesia, dan Ekspedisi 1000 Jembatan untuk Indonesia”, tambah bang Alex.
Vertical Rescue Indonesia yang bermarkas di Jalan Pahlawan No.70, Bandung juga membuka latihan dengan nama Sekolah Panjat Tebing Merah Putih dan sudah ada cabang di kota-kota seluruh Indonesia.
Bang Alex mengungkapkan, “apresiasi dan animo masyarakat begitu luar biasa terutama dari kalangan komunitas pecinta alam, sekolah dan instansi”.
So, buat sobat Alamian yang ingin menjadi vertical rescuer bisa datang langsung ke markasnya Vertical Rescue Indonesia pastinya kamu bakal dapet ilmu dan pengalaman yang sangat bermanfaat.
Salamisme!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here