Menjaga Tempat Bermain Kita dengan Zero Waste Adventure

0

Melakukan sebuah aktivitas di alam bebas tentunya mengasyikan, tapi ingat ketika kita berada di sebuah tempat yang menjadikan kita hanya sebagai “tamu”, kita harus sadar dan bersikap bijak, dan yang paling penting kita harus menjaga kelestarian tempat tersebut.

Aktivitas di alam bebas yang menjadi trend saat ini membuat suatu kawasan tersebut bisa saja menjadi berkurang keasriannya dengan datangnya masalah yaitu sampah. Sadar kawasan sangat penting bagi kita yang akan melakukan aktivitas di alam bebas.

Dengan menerapkan Zero Waste kita dapat memulainya pada diri sendiri, lalu apa itu Zero Waste ?

Menurut penggiat Zero Waste Adventure, Siska Nirmala saat dijumpai tim Alamisme dalam acara Milad ke-12 KPA Mahachala (28/7), “Zero Waste adalah gaya hidup meminimalisir sampah sampai sebisa mungkin nol”. Siska juga menambahkan “pada perjalanannya, gerakan ini sudah mulai berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir”.

Zero Waste Adventure

Bagi Siska, Zero Waste Adventure adalah cara memperkenalkan Zero Waste melalui kegiatan berpetualang, karena di gunung kita mempunyai masalah yang sama kronisnya dengan di kota yaitu masalah sampah.

Saat ini sedang trend memang kegiatan mendaki gunung, namun dengan pengetahuan manajemen pendakian yang minim membuat budaya membawa makanan yang serba instan secara berlebihan yang akhirnya dapat menyisakan sampah.

Maka dengan gerakan Zero Waste Adventure ini merupakan cara yang bijak untuk kita terapkan saat beraktivitas di alam bebas demi menanggulangi masalah sampah saat berpetualang.

“Sebetulnya Zero Waste Adventure ini lebih sederhana karena kita lebih diarahkan untuk mengkonsumsi makanan yang natural” imbuh Siska kepada tim Alamisme.

“Namun semua itu kembali lagi ke diri kita masing-masing, karena gerakan gaya hidup ini butuh kesadaran, kemauan, kebijaksanaan dari dalam diri” ujar Siska.

Saat ini mulailah kita berpikir tentang kelestarian alam salah satunya dengan gerakan Zero Waste Adventure;

  1. terapkan prinsip zero waste;
  2. kurangi produksi sampah sejak awal;
  3. lebih banyak makan makanan yang natural;
  4. bawa perbekalan yang tidak menghasilkan sampah.

Dengan demikian, tempat bermain kita baik di gunung, hutan, laut, sungai atau apapun tempat bermain kita tetap lestari dan bersih dari sampah.

Penulis      : Rezky Peakventurer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here