Metode STOP dalam Survival

0

Setiap kegiatan yang kita lakukan tentunya akan ada hal baik dan hal buruk yang menyertai. Begitu juga dengan kegiatan alam bebas. Bila hal baik yang menyertai kita, maka itu bonus dari manajemen perjalanan kita yang baik dan dilakukan dengan perencanaan yang matang. Namun, bila hal buruk yang menyertai, tentunya akan membuat kita menjadi panik. Kepanikan yang sering dialami biasanya diakibatkan terpisah dari rombongan atau tersesat. Sifat panik ini tentunya harus diatasi agar tidak memperburuk keadaan. Ada sebuah metode sederhana untuk menangani rasa panik dalam situasi darurat yang disebut metode STOP. Metode ini singkatan dari stop, plan, observe dan plan.

Stop atau berhenti
Ketika kita menyadari kalau kita tertinggal dari rombongan atau tersesat, maka berhentilah dan luangkan waktu untuk istirahat. Hal ini berguna agar kita tidak semakin jauh tersesat dan juga membantu pikiran kita agar tetap tenang.

Think atau berpikir
Setelah kita tenang, cobalah untuk berpikir positif dari keadaan yang ada. Mulai dari memotivasi diri agar bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengatasi rasa takut, pikirkan juga dimana lokasi kita berada dan bagaimana kita bisa sampai tersesat. Pikiran yang positif juga akan membantu dalam mengambil keputusan.

Observe atau observasi
Pada tahap ini, cobalah melakukan observasi apa saja yang ada disekeliling kita mulai dari cuaca, ada atau tidaknya tempat berlindung, air, ketinggian tempat kita berada, jarak tempat kita ketempat terbuka dan juga sumber daya yang bisa digunakan untuk membuat api, tempat berlindung dan membuat sinyal darurat. Hal ini tentunya akan berguna bagi kita agar tetap bertahan hidup dan menemukan jalan keluar dari kondisi tersesat atau juga bisa mudah ditemukan tim pencari.

Plan atau rencana
Setelah banyak observasi yang kita lakukan, segera lakukan rencana berdasarkan prioritas kebutuhan kita. Lakukan rencana secara sistematis seperti mencari tempat berlindung, membuat api untuk menghangatkan diri dan sinyal darurat serta mencari air minum.

Semoga metode ini bisa membantu kita dalam kondisi tersesat.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here