Pentingnya Menjaga Hutan dan Alam

0

Kegiatan alam bebas tentunya tak pernah lepas dari alam. Bentang alam yg indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam. Disadari atau tidak, semua kegiatan tersebut hampir sebagian besar berada di dalam hutan. Lalu apa yg dimaksud dengan hutan ?

Menurut UU No. 41 tahun 1999 tentang kehutanan, pengertian hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan yang satu dengan yang lainnya tak dapat dipisahkan. Pemanfaatan hutan sudah banyak dilakukan mulai dari hasil hutan kayu, nonkayu sampai hasil jasa lingkungannya.

Kegiatan alam bebas sendiri mengambil fungsi hutan dari pemanfaatan jasa lingkungan yang dilakukan secara lestari. Namun dalam beberapa kasus, masih banyak kawan-kawan pendaki yang lupa akan hal ini. Mereka hanya mementingkan kesenangan pribadi dan lupa untuk menjaga hutan dan alam yang mereka singgahi. Masih ingat berita akan pendaki ‘ndeso’ pemetik bunga edelweiss di gunung rinjani ? Belum lagi berita semakin banyak pendaki semakin banyak sampah digunung ? Dan masih banyak lagi. Padahal ini akan mempengaruhi siklus ekosistem yang ada dihutan. Dampaknya alam dan hutan akan memusuhi kita. Mulai dari tercemarnya air bersih sehingga kita kesulitan mendapat air bersih, pudarnya keindahan alam karena sampah para pendaki sampai serangan penghuni hutan ke kita (contoh nya babi hutan menyerang pendaki yg buka jalan). Yuk jadi pendaki yg mencintai alam, jangan hanya pandai dalam menikmatinya saja. Kawan-kawan bisa aplikasikan etika alam bebas saat melakukan kegiatan alam bebas.
Jangan mengambil sesuatu selain gambar.
Jangan berburu sesuatu selain waktu.
Jangan meninggalkan sesuatu selain jejak.
Mari jaga hutan dan alam, maka hutan dan alam akan menjaga kita.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here