Peralatan Dasar Saat Survival

0

Resiko dan ancaman bahaya merupakan bagian dari petualangan di alam bebas. Sebaik apapun persiapan yang dilakukan dan sehebat apapun skill yang dipunyai, resiko dan ancaman bahaya dari kegiatan di alam bebas harus tetap diperhitungkan.
Beberapa peralatan survival berikut ini sangat direkomendasikan untuk selalu di bawa pada setiap berpetualang. Meski peralatan ini kemungkinan besar tak akan terpakai bila perjalanan berlangsung aman dan sesuai dengan perencanaan, namun akan sangat menolong jika sewaktu-waktu kita dihadapkan pada kondisi buruk yang mengancam keselamatan kita.

1. peta dan kompas. Alat ini berguna untuk mengetahui posisi kita saat tersesat dan membantu membaca arah serta mencari jalan keluar.
2. pisau multi tool yang bisa digunakan untuk membuat bivak, jebakan dan alat berburu serta alat perlindungan diri.
3. korek api dan lilin. Alat ini berguna untuk mempermudah saat membuat api dalam keadaan darurat dan membantu kita dalam menghangatkan tubuh.
4. kaca yang bisa digunakan untuk membuat sinyal darurat dengan memanfatkan pantulan cahaya matahari.
5. peluit. Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan kaca yaitu sebagai alat bantu memberikan sinyal bantuan dengan isyarat disetiap tiupannya. Satu kali tiupan berarti dimana posisi kita berada, dua kali tiupan berarti meminta tim penolong datang ke posisi kita dan tiga kali tiupan berarti kita membutuhkan pertolongan. Biasanya terjadi dengan urutan tiup 3,1 dan 2.
6. senar, tali kawat dan alat pancing. Alat ini berguna untuk berburu, membuat jebakan dan membantu kita dalam memenuhi persediaan makanan saat keadaan darurat.
7. Peralatan dasar P3K yang berguna untuk pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.
8. balon yang bisa digunakan untuk membawa air dari sumber air ke bivak atau bisa juga di gunakan untuk menyimpan air.
9. flysheet yang bisa digunakan untuk membuat bivak buatan ketika kita kesulitan dalam menemukan bivak alami.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here