Perayaan Milad ke – 12 KPA Mahachala

0

Komunitas Pecinta Alam Mahachala merayakan ulang tahun ke-12 dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan sarasehan dialog interaktif dengan mengangkat tema “Sebelum Alam Berbicara” di Ruang Terbuka Hijau Taman Langsat Kramat Pela Jakarta Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Juli 2018 dan diikuti oleh berbagai delegasi tamu undangan dari 23 komunitas dan organisasi pecinta alam serta peserta umum. Berbagai bintang tamu juga turut memeriahkan acara ini mulai dari Babeh Idin (Founder Hutan Kota Sangga Buana), Siska Nirmala (Penulis Buku Zero Waste Adventure) dan Forum Komunikasi Pemusik Jalanan (FKPJ).

Dalam acara ini dilaksanakan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan, kemudian dilanjutkan dengan ‘sharing’ edukasi dari berbagai bintang tamu, pemotongan tumpeng sebagai simbolis perayaan , penampilan musik dari Forum Komunikasi Pemusik Jalanan (FKPJ) dan launching majalah semesta serta diakhiri dengan penutupan.

Saat penyampaian ‘sharing’ edukasi, Babeh Idin Idin (Founder Hutan Kota Sangga Buana) menyampaikan materi tentang “bagaimana cara meningkatkan kesadaran cinta diri dan lingkungan” kepada para peggiat alam yang hadir. Beliau bercerita tentang awal kepeduliannya terhadap sampah ini terbentuk, hingga komitmen untuk terus melestarikan sungai Pesanggrahan dan hutan yang ada di sekitar sungai Pesanggrahan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. “Gue cuma mau 20 tahun ke depan area disini semakin terjaga kelesatariannya. Gue juga mau wilayah di sekitaran kali ini, hingga mana-mana menjadi semakin lestari dan gue bakal terus melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah gue jalanin”, tuturnya.

Siska Nirmala (Penulis Buku Zero Waste Adventure) juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan sampah dan lingkungan. Lebih lanjut, teh siska menjabarkan tentang “Zero Waste dalam Kehidupan Sehari-hari dan Pengaplikasian Zero Waste dengan Membuat Komposter Mini”, “Zero Waste adalah gaya hidup meminimalisir sampah sampai sebisa mungkin nol”. Siska juga menambahkan “pada perjalanannya, gerakan ini sudah mulai berkembang di Indonesia beberapa tahun terakhir”. Penulis buku Zero Waste Adventure ini juga mengajak para penggiat alam yang hadir diacara tersebut untuk menerapkan gerakan zero waste agar lingkungan dan alam tempat bermain kita tetap lestari dan bersih dari sampah.

Peserta yang hadirpun sangat antusias dalam kegiatan ini, banyak juga peserta yang aktif bertanya saat jalannya sesi ‘sharing’ edukasi. Penampilan musisi dari Forum Komunikasi Pemusik Jalanan (FKPJ) pun menambah hangatnya suasana dialog interaktf hingga di ujung acara, KPA Mahachala melaunching majalah semesta. Majalah ini berisikan tentang informasi dan inspirasi bagaimana menjaga dan melestarikan alam dari berbagai pengalaman dan pengetahuan KPA Mahachala. Panitia pelaksana kegiatan (Fadhlina) menyampaikan “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dengan dihadiri para pemateri yang sangat hebat dan menginspirasi. Ada lebih dari 23 lintas komunitas yang juga hadir bahkan ada satu komunitas yang mendelegasikan anggotanya hingga 12 orang dan mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini”. Fadhlina juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dikegiatan ini mulai dari para pemateri, media ‘partner’ dan rekan-rekan organisasi serta komunitas penggiat alam, tutupnya.

Salamisme!

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here