Sekilas Tentang Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

0

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Terletak di Pulau Sumatera yang mencakup tiga provinsi yakni Provinsi Lampung, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Tujuan utama dari di tetapkannya Taman Nasional Bukit Barisan Selatan adalah melindungi keberadaan hutan hujan tropis di Pulau Sumatera termasuk semua keanekaragaman hayati didalamnya seperti Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatra) dan Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) serta flora dan fauna lainnya yang diterdapat di daerah tersebut.

Pada tahun 1935, tempat ini awalnya merupakan Suaka Margasatwa dan kemudian berubah menjadi Taman Nasional pada tahun 1982. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memiliki luas ± 356,800 hektar. Taman Nasional yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini, tujuh puluh persennya terletak di Provinsi Lampung yakni Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus. Menurut WWF Indonesia, Taman Bukit Barisan Selatan termasuk dalam 200 wilayah ekologi global dari habitat darat, air tawar dan laut yang luar biasa. Taman Nasional ini juga ditetapkan sebagai daerah prioritas untuk konservasi badak Sumatera melalui program WWF’s Asian Rhino and Elephant Action Strategy (AREAS). Selain itu, lembaga lainnya seperti IUCN, WCS dan WWF juga telah mengidentifikasi Taman Nasional ini sebagai “Tiger Conservation Unit 1” atau kawasan hutan yang paling penting untuk konservasi harimau di dunia.

Fauna endemik yang terdapat di daerah ini adalah Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatra), Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Beruang Madu (Helarctos malayanus malayanus), tapir (Tapirus indicus), ungko (Hylobates agilis), siamang (H. syndactylus syndactylus), simpai (Presbytis melalophos fuscamurina), kancil (Tragulus javanicus kanchil) dan kura-kura laut berskala (Eretmochelys imbricata). Sedangkan flora yang terdapat di Taman Nasional ini meliputi Bunga bangkai raksasa atau Titan Arum (Amorphophallus titanium), Bunga bangkai jangkung (Amorphophallus decus-silvae), Bunga Rafflesia (Rafflesia arnoldii), Pidad (Sonneratia sp.), Nipah (Nypa fruticans), Sea Pines (Casuarina equisetifolia), pandan (Pandanus sp.), Cempaka (Michelia champakae), Meranti, (Shorea sp.) mersawa (Anisoptera curtisii), Ramin (Gonystylus bancanus), keruing (Dipterocarpus sp.), damar (Agathis sp.), dan rotan (Calamus sp.).

Beberapa aktivitas yang bisa sobat alamian lakukan di Taman Nasional ini yaitu melakukan petualangan di hutan tropis seperti berkemah, trekking hutan, jelajah sungai, berenang, kano serta kegiatan laut lainnya. Sobat alamian juga bisa mengamati Bunga Rafflesia dan Bangkai bila mengunjungi bagian Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang terletak di Tampang, Blubuk, Menjukut Lake, Way Sleman dan Blimbing. Untuk di Suwoh, sobat alamian bisa menikmati jelajah hutan, berkemah, berperahu dan berenang serta menikmati sumber air panas. Sedangkan di Kubu Perahu, sobat alamian dapat menemukan air terjun yang mempesona.

Bagi para sobat alamian yang ingin datang ke Taman Nasional ini, harus terlebih dahulu mengajukan izin masuk atau simaksi ke Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang berkantor di Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Km 1 Tanggamus, Kota Agung 35751.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here