TIPS Cara Mencuci dan Merawat Jaket Waterproof

1

Banyak sobat alamian yang bertanya tentang tips cara merawat jaket gunung. Nah kali ini mimin mau berbagi tips nya. Berikut ini tips cara mencuci dan merawat jaket waterproof.

Cek Label Jaket.
pertama kali yang harus dilakukan oleh sobat alamian yaitu cek label jaket tersebut. Banyaknya kasus kerusakan bahan jaket waterproof terjadi karena pengguna tidak tahu cara mencuci dengan benar. Padahal, biasanya kunci jawaban ada pada label pakaian tersebut, pastikan kita membaca terlebih dahulu. Di label jaket biasanya terdapat tata cara mencuci jaket tersebut. Letak dari label jaket biasanya berada di pinggang kanan/kiri atau di leher jaket.

Cek Kantung Jaket.
Sebelum mencuci, cek kembali apakah masih ada benda pada kantung jaket. Benda padat berpotensi merusak bahan ketika proses pencucian. Ketika kantung sudah kosong, pastikan menutup resleting kembali dan barulah jaket dicuci.

Peralatan Mencuci.
Gunakan wadah ember atau apapun yang sekiranya cukup untuk merendam jaket, lalu rendam dengan air hangat atau langsung air keran (untuk lebih cepat). Jangan redam lebih dari 5 menit ya agar bahan tidak rusak. Lalu tambahkan mild soap/sabun tanpa detergent, seperti shampo atau sabun bayi, karena sifat detergent yang keras bisa merusak latex dari jaketnya.

Proses Mencuci.
Cuci jaket menggunakan tangan dengan lembut, kalau ada noda membandel bisa menggunakan sikat, tapi penggunaannya dengan lembut dan cara menyikatnya searah, jangan dibolak balik. Kemudian cara pemerasannya jangan dipelintir, cukup ditekan-tekan saja. Selanjutnya dibilas dengan air mengalir atau bisa juga dibilas pake ember minimal 3 kali, kalau bisa tidak usah pake pewangi, yang direndam pewangi cukup inner/polarnya saja.

Proses Pengeringan.
Habis dicuci dan mau kejemuran cukup dikebutin, ingat jangan dipelintir ya, lalu cara mengeringkan jaketnya dengan cara digantung atau menggunakan hanger dan hanya diangin-anginkan saja. Jangan dijemur kena matahari langsung. nanti bisa mengelupas lapisan seal nya.

Proses Akhir.
Kalau sudah kering, bisa diliat lagi tips yang pertama, kalau ada logo setrika disilang artinya tidak boleh disetrika, kalau gak ada baru boleh disetrika. Proses nyetrika tingkat kepanasannya low aja sampai medium dan dilapisi kain, bisa handuk atau kain yang agak tebel, jangan dibuat garis2 untuk menyetrikanya, ingat ini bukan kemeja atau celana kantoran ya.

Penulis : julianagungpratomo

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here