Selamat Hari Sungai Nasional

0

Jumat (27/07/2018), tepat tujuh tahun yang lalu, pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No 38 tahun 2011 telah menetapkan bahwa tanggal 27 Juli sebagai “Hari Sungai Nasional”. Ketetapan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar peduli terhadap sungai seperti yang tertuang pada pasal 74 Peraturan Pemerintah No 38 tahun 2011 tentang sungai.

Tujuan dari Peringatan Hari Sungai Nasional juga bisa kita artikan sebagai bentuk nyata pengingat betapa ketergantungannya kita terhadap sungai dan daerah aliran sungai. Sejarah juga mencatat, dimana kota-kota besar di dunia mengawali peradabannya di sepanjang sungai. Sungai saat itu dimanfaatkan sebagai sumber air dan sarana transportasi.

Saat ini sungai bahkan bisa dikatakan sebagai urat nadi kehidupan. Betapa tidak, air yang mengalir di sungai atau daerah aliran sungai banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, mulai dari mengairi persawahan, kebutuhan MCK, pembangkit listrik dan sarana transportasi. Itu baru dari sisi manusia. Bila dilihat dari sisi flora dan fauna, daerah aliran sungai juga berperan vital bagi kelangsungan hidup mereka, mulai dari tempat tinggal, tempat mencari makan hingga tempat berkembang biak dan mempertahankan spesiesnya dari ancaman kepunahan.

Namun sayangnya, peran vital daerah aliran sungai ini kurang mendapat perhatian yang serius. Hal ini dapat dilihat dari penggundulan daerah hulu, banyaknya bangunan liar di sempadan sungai, air sungai yang tercemar limbah pabrik dan sampah rumah tangga yang menjadi ‘spesies’ baru di daerah aliran sungai.

Peringatan Hari Sungai Nasional hendaknya jangan menjadi seremoni belaka. Seharusnya ada gerakan nyata sehingga dapat menggerakkan kepedulian masyarakat untuk bergotong royong menjaga kebersihan dan kelestarian daerah aliran sungai. Selain itu, adanya Hari Sungai Nasional juga bisa dijadikan ‘alarm bagi pemerintah yang terkadang lupa’ untuk melakukan proses ‘penyembuhan’ pada sungai-sungai yang rusak dan tercemar di Indonesia.

So, sobat alamian, mari bersama kita wujudkan sungai yang bersih dan daerah aliran sungai yang sehat dengan memulainya dari hal yang sederhana yakni tidak membuang sampah di daerah aliran sungai.
Salamisme !!

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here