Cara Menangani Pasca Terkena Gigitan Ular Berbisa

0

Kegiatan alam bebas tentunya tak selalu berjalan dengan lancar. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhinya. Salah satunya yaitu serangan hewan liar. Serangan hewan liar yang sering terjadi yaitu dari ular. Beberapa jenis ular ada yang berbahaya dengan racun dari bisanya. Lalu bagaimana bila kita menjadi korbannya ? berikut ini cara penanganan pasca digigit ular berbisa yang dikutip dari tulisan Alan E Norse dalam bukunya yang berjudul tindakan medis lintas alam.

1. Usahakan korban yang terkena gigitan agar tidak panik. Hal ini bertujuan untuk memperlambat penyebaran bisa ular ke seluruh tubuh karena jika korban panik, maka detak jantung akan semakin cepat dan semakin cepat juga bisa ular menyebar ke seluruh tubuh.

2. Posisikan bagian yang terluka lebih rendah dari posisi jantung dan ikat di atas luka sampai berkerut dengan perhitungan setiap 10 menit lama ikat kendorkan ikatan selama 1 menit. Hal ini juga bertujuan untuk memperlambat penyebaran bisa ular.

3. Buat luka baru kedalam sekitar 1 cm dengan alat bantu yang telah di sterilkan (bisa pisau, silet, cutter dan sebagainya). Cara buat luka mulai dari bagian atas melalui lubang luka akibat gigitan. Perlu diingat untuk luka baru ini dibuat dengan irisan vertikal bukan horizontal.

4. Keluarkan darah sebanyak mungkin melalui luka baru dengan cara mengurut kearah luka baru. Pada situasi ini korban akan merasa sangat kesakitan, sehingga perlu dilakukan secara perlahan dan hati-hati namun tetap berlanjut. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan racun didalam tubuh korban.

5. Dalam proses pengeluaran darah dan racun, tidak dianjurkan menggunakan cara dengan menyedot melalui mulut. Hal ini dikarenakan akan sangat beresiko bagi si penolong. Racun dari gigitan ular bisa mengkontaminasi gigi, gusi, mulut bahkan tertelan hingga lambung dan usus sehingga sangat berbahaya bagi si penolong.

6. Proses pengeluaran darah dan racun ini dilakukan hingga darah yang keluar berwarna merah kehitaman dan berbuih berubah menjadi berwarna merah segar. Bila sudah dalam kondisi ini, segera tutup luka tersebut agar korban tak kehabisan darah.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here