Hari Konservasi Alam Nasional

0

Hari konservasi Alam Nasional merupakan salah satu upaya kampanye kepada masyarakat akan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan peringatan ini dikoordinir oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hari Konservasi Alam Nasional sendiri diperingati tiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini pertama kali diselenggarakan tahun 2009 berdasarkan Keppres No.22 Tahun 2009.

Konservasi alam dapat diartikan sebagai suatu pengelolaan terhadap alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk menjamin persediannya dan tetap memelihara serta meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Pada tahun 2014, peringatan ini mulai dilakukan dialam terbuka yaitu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan tema “Cinta Alam Negeriku”, selanjutnya tahun 2015 di Taman Nasional Ujung Kulon dengan tema ” Keberlanjutan Konservasi Alam untuk Kesejahteraan Masyarakat yang Berkeadilan” dan tahun lalu di Taman Nasional Bali Barat dengan tema “Konservasi untuk Masyarakat”. Tahun ini peringatan Hari Konservasi Alam Nasional dilaksanakan di Taman Nasional Baluran dengan tema ” Konservasi Alam – Konservasi Kita” serta Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam di Banyuwangi Provinsi Jawa Timur selama tanggal 8-13 Agustus 2017.

Peringatan ini menjadi momentum untuk memberi edukasi dan peran aktif masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Peran tersebut bisa dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, melepas satwa liar ke habitatnya, mengurangi penggunaan barang yang sulit terurai seperti plastik, serta turut serta dalam mencegah perambahan hutan dan perdagangan satwa liar.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here