Hipotermia Bisa Datang Tiba-Tiba

0

Hipotermia adalah suatu keadaan dimana suhu jatuh ke dalam suhu dibawah normal.
Penyebab terjadinya hipotermia yaitu tubuh terendam dalam suhu dibawah titik beku dimana kejadian hipotermia akan cepat berlangsung. Hipotermia akan berlangsung perlahan bila berada/kontak lama dalam lingkungan suhu dingin. Hipotermia lebih mudah terjadi pada seseorang yang kelelahan, kelaparan, ketakutan, tubuh basah, terkena angin dingin, dan kekurangan oksigen pada ketinggian.

Berikut ini gejala sesorang terkena hipotermia yaitu
Penurunan suhu tubuh dengan tanda-tanda korban, bila diraba seluruh tubuh terasa dingin dan tampak kelabu dan kebiru-biruan atau pucatTanda-tanda vital : frekuensi nadi, kuat atau lemahnya denyut nadi tidak normal, begitu juga suhu tubuh dan pernafasannya tidak normal dibandingkan orang normalkorban dapat mengalami penurunan kesadaran, mengantuk, mengigau (Linglung) atau tidak sadar.

Cara penanganan mengatasi korban hipotermia yaitu pertama harus diperhatikan resusitasi ABC, terutama jalan nafas, bila ada henti jantung atau henti nafas segera lakukan RJP. Kemudian cegah korban kehilangan panas, terutama panas tubuh dengan memindahkan korban dari lingkungan dingin. Pada penderita hipotermia ringan biasanya merespon terhadap penghambatan dari luar, dengan melepaskan baju basah dan dingin. Kemudian dipakaikan selimut/jaket yang hangat (bisa juga dengan Sleeping Bag). Dekatkan korban dengan perapian. Berikan korban minuman air gula yang hangat dan segera evakuasi korban sambil memonitor kesadaran umum (kesadaran pernafasan dan denyut jantung korban).

Penulis : Julian McAhonk 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here