Ketika Otak Perlu Inspirasi

0

Coffe atau kopi dalam bahasa indonesia secara luas dikenal sebagai minuman stimulan hasil seduhan yang dibuat dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan.

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui beberapa tahapan mulai dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dipanen dengan cara mesin maupun dengan tangan. Kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya kopi disangrai dan hasilnya dilakukan penggilingan agar kopi menjadi halus atau berbentuk bubuk kopi sebelum kopi dapat diseduh untuk diminum.

Banyak cerita yang berkembang mengenai efek negatif meminum kopi mulai dari meningkatnya resiko terkena kanker, diabetes militus, insomnia, penyakit jantung dan kehilangan konsentrasi.

Beberapa penelitian justru mengungkapkan hal sebaliknya seperti kandungan kafeina dari kopi justru bisa menekan pertumbuhan sel kanker secara bertahap, menjaga sensivitas tubuh terhadap insulin, mencegah penyakit serangan jantung dan pada beberapa kasus, konsumsi kopi juga dapat membuat tubuh tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi walau tak signifikan. Dibidang olahraga, kopi juga banyak dikomsumsi para atlet sebelum bertanding untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan sistem kerja memecah glikogen atau gula cadangan dalam tubuh menjadi sumber energi tambahan. Buat mimin sendiri, efek dari rasa dan aroma kopi bisa membantu melancarkan pikiran ketika otak perlu inspirasi 😁. So, kalo menurut sobat alamian sendiri gimana ? Sudahkah ngopi hari ini ?

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here