Mamalia Darat Terbesar di Bumi

0
SONY DSC

Gajah adalah mamalia darat terbesar yang hingga saat ini masih bertahan keberadaannya di bumi. Hewan ini termasuk makhluk hidup yang cerdas bahkan dipuja oleh beberapa budaya di belahan dunia. Beberapa hal menarik yang bisa dijumpai dari hewan ini yaitu gajah menggunakan belalai mereka untuk mengekspresikan diri, bisa menghabiskan 300 pon makanan per hari, punya hobi berenang dan waktu hamil hewan ini selama 22 bulan serta bayi gajah terlahir dalam kondisi buta.

Terdapat dua spesies utama gajah yaitu gajah afrika dan gajah asia. Gajah afrika memiliki postur lebih besar dibanding gajah asia. Populasi gajah sendiri semakin lama semakin berkurang bahkan terancam punah. International Union for Conservation of Nature (IUCN) menggolongkan gajah afrika kedalam spesies yang rentan punah sedangkan gajah asia masuk ke spesies terancam punah. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan gading gajah dipasar gelap sehingga memicu perburuan liar.

Dalam upaya memerangi perburuan liar terhadap gajah, tercatat pada tanggal 12 Agustus 2012 pertama kali dilaksanakannya peringatan Hari Gajah Sedunia. Peringatan ini sekaligus mengampanyekan aksi-aksi peduli gajah dan menebarkan pengetahuan serta solusi yang bisa diupayakan agar populasi gajah tidak punah. Banyak pihak yang memberi dukungan tak terkecuali William Shatner. Seorang produser ini memberi dukungan dengan meluncurkan film yang berjudul “Return to the Forest” tepat tanggal 12-8-2012 saat pertama kali peringatan Hari Gajah Sedunia dilakukan. Film ini berisi tentang kehidupan gajah asia dan bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kita terhadap gajah. Peringatan Hari Gajah Sedunia ini juga sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kita serta menghargai ciptaan Tuhan yang Maha Pencipta.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here