Pelajaran dari Landak

0

Suatu hari, tiba musim dingin paling ekstrim di belahan dunia. Banyak makhluk hidup yang tak bisa bertahan sebagai akibat perubahan iklim yang sangat ekstrim ini. Menyadari keadaan tersebut, para landak memilih untuk berkelompok menghadapi musim tersebut. Dengan cara ini, mereka mengamankan dan memastikan diri mereka sendiri agar tetap hangat namun disisi lain duri masing-masing mereka saling melukai satu sama lain.

Setelah beberapa saat, para landak memilih untuk memisahkan diri antara satu dengan yang lain dan dalam waktu dekat beberapa landak mulai mati karena kedinginan. Para landak yang tersisa kini dihadapkan dalam suatu keputusan. Mencoba untuk mentoleransi dari rasa sakit akibat tusukan duri dari landak lain dan tetap bertahan hidup atau tetap menyendiri dan mati kedinginan. Dengan bijaksana, para landak memilih untuk kembali berkumpul bersama seperti sebelumnya. Sepanjang musim ini mereka belajar hidup dengan luka-luka kecil yang disebabkan oleh hubungan dekat antara landak satu dengan lainnya. Bagian terpenting dari kondisi ini adalah kehangatan yang mereka dapatkan satu sama lain. Dengan cara ini mereka bisa bertahan hidup lebih lama.

Pelajaran yang bisa diambil dari kisah landak ini yaitu hubungan terbaik bukanlah hubungan yang menyatukan orang-orang yang sempurna, tetapi hubungan dimana setiap individu mengetahui bagaimana hidup dengan ketidaksempurnaan dan dapat menghargai kualitas orang lain. Kita bisa hidup jika kita bisa mentoleransi perbedaan. Buat apa hidup bila hanya sekedar hidup. Jadilah individu yang berguna bagi sesama.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here