Pentingnya Managemen Logistik Dalam Pendakian!

0

Pada perayaan hari jadi ke-4 Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek, tim Alamisme berkesempatan mewawancarai salah satu pemateri dari acara tersebut yaitu Om Wien dari Sabhawana. Apa saja yang kita tanyakan, yuk disimak artikelnya.

Om wien yang berstatus sebagai bintang tamu sekaligus pemateri dalam acara tersebut menyampaikan materi tentang kesehatan dalam perjalanan. Kegiatan mendaki gunung itu memerlukan energi yang tinggi, jadi untuk mendukung kebutuhan selama pendakian, kita perlu mengemas makanan sebaik mungkin. Selain itu, faktor lainnya juga harus diperhatikan seperti cara menjaga kondisi fisik saat dan pasca pendakian, kebutuhan gizi selama pendakian serta perlengkapan yang sesuai kebutuhan dalam upaya menunjang kenyamanan selama pendakian.

Om wien mengatakan “Kebutuhan energi yang kita perlukan untuk naik gunung yakni diatas 3000 kalori per hari. Jadi kita harus menyiapkan makanan yang mudah diserap tubuh, tidak banyak menyerap air dalam percernaan serta hindarkan makanan mie instan dan makanan kaleng karena bebannya berat serta mengandung bahan pengawet”.

Selain menyiapkan makanan dalam kegiatan mendaki gunung, Om Wien juga berbagi tips dalam repacking logistik. “Kita perlu melakukan  pembagian menu makan yang sudah dikemas menggunakan plastik;
Day – 1 :
Menu Pagi = 1000 kalori
Menu Siang = 800 kalori
Menu malam =1200 kalori
Jika ditotal maka kalori yang dibutuhkan oleh tubuh = 3000 kalori, jumlah ini adalah kalori yang diperlukan oleh tubuh saat mendaki selama satu hari” pungkas Om Wien saat diwawancarai tim Alamisme.

Wiyanto W. Soehardjo atau yang biasa di sapa Om Wien ini juga berpesan “Jangan menyia-nyiakan hidup kita dengan hal yang konyol”.

Oleh karena itu perlu menyiapkan diri (fisik dan mental) dan perlengkapan yang safety saat beraktifitas di alam bebas, seperti berpakaian lengkap, pengetahuan tentang navigasi, pengetauan tentang berkemah; bagaimana kita memilih tempat berkemah yg aman dan terlindungi dari sambaran petir.

“Sekarang saya lihat banyak sekali pendaki berkemah di tempat terbuka macam di Gunung Prau itu berbahaya sekali. Jadi kita harus memilih tempat untuk camp yg tersembunyi” sambung Om Wien.

So, buat kalian sobat Alamian yang mau melakukan petualangan jangan lupa persiapkan kondisi fisik, mengecek semua peralatan dan juga perbekalan kalian ya, jadikan setiap perjalan kalian selalu berkesan.”

SALAMISME!

Penulis : Agus Abdul Khohar

Editor   : Rezky Peakventurer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here