Sekilas tentang Rafflesia

0

Kali ini mimin mau membahas sedikit tentang salah satu bunga nasional Indonesia seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993 ”Tentang Satwa dan Bunga Nasional“. Yaps, dia adalah bunga Rafflesia arnoldii yang 25 tahun lalu dinobatkan menjadi bunga nasional Indonesia. Bunga yang termasuk ke dalam puspa langka ini memang memiliki banyak keistimewaan luar biasa yang mungkin belum banyak diketahui sobat alamian.

Bunga Rafflesia adalah bunga terbesar di dunia, khususnya jenis Rafflesia arnoldii yang merupakan bunga tunggal terbesar di dunia. Di indonesia sendiri terdapat Bunga Raflesia jenis tuan-mudae yang menjadi bunga Raflesia terbesar di dunia. Bunga Rafflesia ini tumbuh di Hutan Cagar Alam Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan memiliki diameter 107 cm seperti yang diungkapkan Kepala Seksi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Khairil Ramadhan, di Lubukbasung tahun 2017 silam.

Bunga Refflesia pertama kali ditemukan di Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818 saat sedang melakukan ekspedisi. Pemberian nama Raffles sendiri berdasarkan ekspedisi tersebut dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Bunga ini tidak dapat ditanam sehingga kita tidak bisa membudidayakannya. Jadi sobat alamian tidak usah heran ya kenapa bunga Rafflesia ini jadi sangat langka. Upaya yang bisa dilakukan hanya menemukan putik Rafflesia dan dijaga hingga mekar. Selain itu, belum juga diketahui bagaimana bunga Rafflesia ini tumbuh dan ditempat mana ia akan tumbuh. Hingga saat ini, para ahli pun hanya bisa menjelaskan siklus hidupnya mulai dari putik hingga membusuk.

Proses siklus hidup bunga ini juga berbeda dengan bunga pada umumnya. Bunga pada umumnya biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan saja untuk mekar, sedangkan untuk bunga Rafflesia ternyata membutuhkan waktu hingga 3 tahun untuk bisa mekar sempurna. Setelah mekar sempurna, keindahan bunga ini pun hanya bisa dinikmati selama seminggu saja dan setelah itu bunga ini akan membusuk. Saat mekar, bunga Rafflesia akan mengeluaran bau busuk dan radius baunya bisa mencapai 30 meter.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here