Si Lucu dari Sumatera

0

Kelinci Sumatera atau hewan yang memiliki nama latin Nesolagus netscheri merupakan salah satu spesies endemik Pulau Sumatera. Spesies ini masuk kedalam Famili Leporidae dengan ciri-ciri umum memiliki panjang tubuh sekitar 40 cm dan berat badan sekitar 1,5 kg. Tubuhnya berwarna coklat kekuningan dengan garis berwarna hitam yang membujur sepanjang tubuhnya dan bagian perutnya berwarna merah. Kelinci Sumatera juga memiliki ciri-ciri disekitar mata dan sisi kepala bagian belakang matanya berwarna hitam hingga ke pangkal telinga. Selain itu, Kelinci Sumatera juga memiliki ukuran telinga paling pendek dibandingkan dengan telinga dari jenis kelinci lainnya.

Kelinci Sumatera termasuk hewan nocturnal atau golongan hewan yang beraktivitas pada malam hari. Ada hal unik yg sering dilakukan hewan yang satu ini yaitu suka bersembunyi di liang bekas sarang hewan lain dibandingkan di liang galiannya sendiri.

Sebagai hewan endemik Pulau Sumatera, Kelinci Sumatera hanya hidup di hutan-hutan tropis di Pulau Sumatera. Penampakan langsung Kelinci Sumatera terakhir kali terjadi pada tahun 1972. Setelah itu, Kelinci Sumatera hanya teramati melalui kamera trap di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan pada tahun 2000 dan 2007.

Masih adanya perburuan liar dan perdagangan ilegal merupakan ancaman kepunahan yang sangat serius terhadap berbagai spesies langka di Indonesia tak terkecuali Kelinci Sumatera ini. Sejak tahun 2008, Kelinci Sumatera sudah ditetapkan sebagai satwa yang rentan kepunahan.

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here