Keseruan “Anniversary 3rd #PI Depok”

0

Pendaki Indonesia Korwil Depok merayakan ulang tahun ketiga dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan “Anniversary 3rd #PI Depok” di Joglo Nusantara Setu Pengasinan, Depok. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2-3 Maret 2019 dan diikuti oleh lebih dari 500 peserta baik dari peserta umum maupun undangan. Berbagai bintang tamu juga turut memeriahkan acara ini mulai dari Sahid Sharief (Penggiat Outdoor), Yudi Kurniawan (Owner Avtech Indonesia), Tika Dwi Ariyanti (7 Summit of Indonesia), Heri Syaefudin (Komunitas Hijau Depok) dan Taufik Ibrahim (BTB Depok).

Dalam acara ini dilaksanakan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan dan pemotongan tumpeng sebagai simbolis memperingati hari jadi ketiga Pendaki Indonesia Korwil Depok. Selain itu juga ada ‘sharing’ edukasi dari berbagai bintang tamu, senam pagi bersama, dan pembagian ‘doorprize’ serta diakhiri dengan penutupan.

Saat penyampaian ‘sharing’ edukasi, Sahid Sharief (Penggiat Outdoor) menyampaikan tentang pembagian zonasi didalam Taman Nasional. Para Pendaki perlu memahami pembagian zonasi yang ada di gunung sehingga kegiatan alam bebas yang dilakukan digunung tidak mengganggu fungsi ekosistem dari gunung itu sendiri. Menyambung dari yang disampaikan oleh Sahid, Om Yudi sebagai Owner Avtech Indonesia justru menyampaikan kesiapan dari pendaki itu sendiri terutama tentang perlengkapan perjalanan. “kegiatan mendaki gunung itu perlu didukung dengan peralatan yang bisa membantu keamanan dan kenyamanan bagi para pendaki, dan tentunya memiliki harga yang terjangkau. Itu juga yang melatarbelakangi saya membuat brand Avtech yang semula bertujuan untuk memenuhi kebutuhan saya sendiri dalam kegiatan outdoor dan alhamdulillah bisa terus berkembang hingga saat ini” ungkapnya.

Tika Dwi Ariyanti (7 Summit of Indonesia) juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar tentang zonasi digunung seperti Taman Nasional dan sharing pengalamannya tentang mendaki Seven Summit Indonesia ke para penggiat alam bebas yang hadir di acara ini. “Bagi saya, semua gunung mempunyai dan memiliki pengalaman dan kesannya sendiri. Pesan saya bagi para penggiat alam, jangan kalian terlalu memaksakan untuk mencapai puncak, nikmati saja proses perjalanan kalian, karena bila alam sudah memanggil, maka kalian akan sampai kepuncak, begitupun sebaliknya. Serta jangan lupa minta restu kedua orang tua, karena ridha Nya tergantung dengan ridha Nya kedua orang tua” tuturnya.

Heri Syaefudin atau yang akrab disapa Kang Heri Gonku sebagai pengelola Joglo Nusantara Setu Pengasinan Depok juga bercerita tentang pengalamannya dalam kegiatan konservasi alam terutama setu yang ada di Depok. Bahkan Kang Heri Gonku bertekad untuk terus menjaga dan melestarikan Joglo Nusantara yang menjadi mimpinya dalam menjaga lingkungan hidup dan menjadikannya wadah forum berkumpulnya para komunitas alam terutama diwilayah Depok.

Peserta yang hadirpun sangat antusias dalam kegiatan ini, banyak juga peserta yang aktif bertanya saat jalannya sesi ‘sharing’ edukasi dan mendapatkan ‘doorprize’. Panitia pelaksana kegiatan (Eri Iskandar) menyampaikan “Alhamdulillah, kami diberikan suprize yang luar biasa mulai dari alam maupun hadirnya peserta yang melebihi target kami. Ada lebih dari 500 orang dari berbagai lintas komunitas yang hadir dan mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini”. Eri juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dikegiatan ini mulai dari para pemateri, ‘sponshorship’, media ‘partner’ dan rekan-rekan organisasi serta komunitas penggiat alam. Kami juga mohon maaf bila selama berlangsungnya acara, ada perkataan dan perbuatan serta penyajian kami yang kurang berkenan” tutupnya.

Salamisme!

Penulis : julianagungpratomo

Potographer: Rezky Peakventurer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here