Keseruan Hari Jadi Ke-4 Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek

0

Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek merayakan ulang tahun keempat dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan “Anniversary Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek yang ke 4 th” di Bumi Perkemahan Gunung Bunder 2, Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20-21 Januari 2018 dan diikuti oleh lebih dari 250 peserta baik dari peserta umum maupun undangan. Berbagai bintang tamu juga turut memeriahkan acara ini mulai dari Ade Wahyudi dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Wien Wongso dari Sabhawana, Alex Patti dari Vertical Rescue Indonesia Jakarta dan Kang Ogun dari Wanadri.

Dalam acara ini dilaksanakan berbagai kegiatan mulai dari pembukaan, sambutan-sambutan dan pemotongan tumpeng sebagai simbolis memperingati hari jadi keempat Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek. Selain itu juga ada ‘sharing’ edukasi dari berbagai bintang tamu, senam pagi bersama, games dan pembagian ‘doorprize’ serta diakhiri dengan penutupan.

Saat penyampaian ‘sharing’ edukasi, Ade Wahyudi (APGI) menyampaikan tentang profesi pemandu gunung. “Pemandu gunung dan pendaki gunung adalah sesuatu yang berbeda, pemandu gunung bukan sekedar melakukan hal dari bawa barang, petunjuk jalan, tapi juga mengambil keputusan yang tepat”, tegas Bang Ade. Menyambung dari yang disampaikan oleh Bang Ade, Om Wien Wongso sebagai penggiat alam senior Sabhawana justru menyampaikan kesiapan dari pendaki itu sendiri terutama tentang kesehatan perjalanan. “kegiatan mendaki gunung itu memerlukan energi yang tinggi, jadi buat mendukung kebutuhan selama pendakian, perlu dikemas makanan yang mudah diserap tubuh, berkalori dan bergizi tinggi serta berserat dan tidak memakan banyak air dalam pencernaan” ungkapnya. Selain itu, faktor lainnya juga harus diperhatikan seperti cara menjaga fisik saat dan pasca pendakian, kebutuhan gizi selama pendakian serta perlengkapan yang sesuai kebutuhan dalam upaya menunjang kenyamanan selama pendakian.

Komandan Vertical Rescue Jakarta (Alex Patti) juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan dan pertolongan bagi para penggiat alam bebas. Vertical Rescue juga rutin memberikan pelatihan-pelatihan dalam upaya menambah ‘soft skill’ bagi para penggiat alam bebas. “Vertical Rescue terbuka bagi siapa saja dan yang ingin ikut latihan bersama, khususnya panjat tebing bisa langsung saja hadir di GOR Ragunan Jakarta setiap hari Sabtu dan Minggu. Untuk pelatihan lainnya juga bisa dilakukan dengan mengagendakan terlebih dahulu ke sekretariat kami” tuturnya.

Muhamad Gunawan atau yang akrab disapa Kang Ogun sebagai pendaki gunung senior Wanadri juga bercerita tentang pengalamannya dalam kegiatan alam bebas. Bahkan Kang Ogun bertekad untuk melunasi mimpinya menggapai puncak Gunung Everest yang sempat terhenti di 200 meter menjelang puncak Gunung Everest. Hal ini beliau sampaikan untuk berbagi cerita, pengalaman sekaligus memotivasi para peserta yang hadir. Kang Ogun juga berpesan “Tetap menjadi diri sendiri, apa adanya dan berguna bagi sesama serta harus semangat dalam mengejar mimpi dan pantang menyerah”.

Peserta yang hadirpun sangat antusias dalam kegiatan ini, banyak juga peserta yang aktif bertanya saat jalannya sesi ‘sharing’ edukasi dan mendapatkan ‘doorprize’. Panitia pelaksana kegiatan (Aldo Alviansyah) menyampaikan “Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan lancar dengan dihadiri para pemateri yang sangat hebat dan menginspirasi. Ada lebih dari 250 orang dari berbagai lintas komunitas yang juga hadir dan mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini”. Aldo juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dikegiatan ini mulai dari para pemateri, ‘sponshorship’, media ‘partner’ dan rekan-rekan organisasi serta komunitas penggiat alam. Dalam waktu dekat kami juga akan mengadakan penanaman di kaki Gunung Salak dan juga ‘open recruitment’ serta latihan bareng baik dalam kelas maupun luar kelas. Jadi buat yang berminat menjadi bagian dari Pendaki Gunung Indonesia Korwil Jabodetabek bisa mengunduh dan mengisi ‘google form’ yang telah disediakan serta dilanjutkan ke tahap interview” tutupnya.

Salamisme!

Penulis : julianagungpratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here