Mengusung Konsep “Outdoor for a Better World”, Indofest 2019 Siap Digelar!

0

Kegiatan wisata petualangan di alam bebas atau Outdoor semakin berkembang di Indonesia. Bertualang atau travelling sudah menjadi kebutuhan wajib bagi masyarakat  “jaman now” dan akan terus mengalami perkembangan waktu demi waktu. Setiap orang sudah mulai menyediakan dana dan waktu lebih untuk memanjakan batin mereka untuk berwisata di alam bebas. Kalau sebelumnya gunung-gunung di Indonesia hanya didominasi pendakiannya oleh mahasiswa pencinta alam, kini puncak-puncak gunung juga banyak disambangi oleh masyarakat umum, mulai dari pegawai kantoran sampai pelajar, bahkan menjadikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari Gaya Hidup.

Didasari oleh semangat itu, COS Event 5 tahun yang lalu berinisiatif menciptakan suatu event yang mempertemukan seluruh pegiat outdoor dari semua lapisan, mulai dari produsen produk-produk outdoor, distributor, penyedia jasa petualangan, hotel, komunitas sampai pemegang regulasi dan kebijakan (Pemerintah), dalam sebuah event yang diberi nama INDOFEST atau Indonesia Outdoor Festival.

Dari event pertama tahun 2015 di Istora Senayan, pengunjung INDOFEST terus bertambah setiap tahun. Di tahun 2018, total pengunjung INDOFEST mencapai 58.694 pengunjung selama 4 hari penyelenggaraan, yang didominasi oleh usia mapan 25 – 45 tahun.

“Target nilai transaksi kali ini kita menargetkan 60 miliyar rupiah selama gelaran Indofest 2019, mengingat perekonomian yang sedang membaik dan minat masyarakat untuk berkegiatan outdoor semakin bertambah” pungkas Disyon saat ditanya mengenai target nilai transaksi Indofest 2019.

Sebar Kebaikan Melalui Gaya Hidup Outdoor

Di tahun 2019 ini INDOFEST kembali hadir dengan sesuatu yang berbeda. “Mengangkat tema Outdoors for The Better World yang berarti INDOFEST akan menyuarakan untuk terus melakukan kebiasaan baik saat berkegiatan outdoor dan dalam kehidupan sehari-hari serta selalu bersimpati dan empati dalam kehidupan sosial sekitar, terlebih lagi untuk lingkungan”, ujar Eva Fitri Yeni, Ketua Pelaksana INDOFEST.

COS Event menghimbau seluruh pengunjung INDOFEST untuk membawa botol minuman atau tumbler untuk mengurangi konsumsi kemasan plastik, hal ini dilakukan sebagai bentuk nyata mengurangi sampah plastik.

“Dan untuk eksibitor, kami juga menghimbau agar menyediakan air minum isi ulang untuk  refill tumbler para pengunjung. Juga imbauan kepada eksibitor untuk memakai kantong belanja dengan bahan yang mudah terurai,” kata  Eva Fitri Yeni.

Selain itu, terkait tema besar yang diusung itu, di jadwal acara juga dimunculkan talkshow-talkshow yang berhubungan dengan tema event. Salah satunya dari Zero Waste Adventure dan National Geographic Indonesia. Keduanya menyebarkan virus kebaikan dalam INDOFEST. Mereka akan membagikan tips dan trik, bagaimana meminimalisir sampah sampai titik terendah saat beraktivitas di luar ruang. Semua itu dilakukan untuk menyebarluaskan gaya hidup minim sampah kepada masyarakat luas dan pengunjung INDOFEST pada khususnya.

Indofest tahun ini kembali disupport penuh oleh Pro Warrior, yang akan menghadirkan aktivitas menantang pada saat acara dengan hadiah yang menarik. Sedangkan support dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yaitu menghadirkan wahana yang dapat dinikmati oleh adik-adik kecil, penjualan paket wisata, pengadaan Seni Tari untuk Pembukaan INDOFEST serta banyak merchandise exclusive.

INDOFEST akan menjadi sebuah momen penting setahun sekali bagi semua penggiat outdoor, dikarenakan INDOFEST bukan hanya bazar semata, melainkan juga Exhibition, Talkshow atau Demo Activities, Fun Competition dan Entertaintment. Semuanya sarat dengan kebaikan untuk fisik dan psikis yang mungkin berdampak kepada orang sekeliling dan lingkungan.

COS Event selaku penyelenggara Indofest 2019 membuka total 150 booth, diantaranya 75% diisi oleh produsen produk outdoor dan 25% diisi oleh services dan komunitas.Yang tidak kalah seru, di akhir event INDOFEST setiap hari juga digelar band dan musisi terkenal seperti Iksan Skuter, Fiersa Besari dan Pure Saturday.

Dengan ramainya brand, organisasi dan lembaga yang turut ambil bagian, ditambah lagi dengan acara yang demikian padatnya, juga diskon-diskon yang ditawarkan oleh brand-brand lokal dan internasional, diyakini bahwa INDOFEST akan sangat meriah dan dipadati pengunjung. COS EVENT sebagai penyelenggara mematok harga Rp. 30.000 untuk Pre Sale dan Rp. 35.000 untuk tiket on the spot. Harga tersebut tentu sangat terjangkau, untuk kantong mahasiswa sekalipun.  

Dengan berbagai keuntungan yang sudah kami jabarkan diatas rasanya sudah bisa dipastikan INDOFEST 2019 akan lebih ramai, lebih megah, lebih bermanfaat dan lebih menghibur bagi pengunjung. “Akan semakin ramai brand-brand luar, tapi tetap didominasi oleh brand dalam negeri. Itu membuktikan industri dalam negeri kita masih kuat. Kami menargetkan 60.000 pengunjung ditahun 2019 ini, dan kami optimis bisa!,” Kata Disyon Toba, CEO Consina Outdoor Services.

Dyson Toba, CEO COS Event menambahkan “Bagi produsen atau exhibitor, Indofest merupakan ajang memperkenalkan produk baru, dan cuci gudang untuk produk lama. Jadi, kita harus datang ke indofest, 90% yang datang ke Indofest pasti pulang bawa barang belanjaan!

So, siapkan dan pastikan dirimu hadir di Indofest 2019. Sampai jumpa sobat Alamian!

Penulis : rezky_pkvntr

Fotographer : Julian McAhonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here