Sang Cemilan, Si Penambah Energi Saat Mendaki

0

Pada dasarnya energi yang dihasilkan oleh tubuh kita tergantung dengan asupan makanan yang kita konsumsi apakah kualiatasnya baik atau tidak dan sehat atau tidak. Nah, untuk menjaga semangat tersebut untuk sampai ke puncak gunung, berikut ini jenis makanan yang bisa dijadikan cemilan saat mendaki,

1. Madu
Khasiat madu sudah begitu mahsyur di dunia. Dalam pendakian, madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat. Selain memulihkan stamina, manfaat madu bisa dirasakan untuk menghindari dehidrasi. Sehingga banyak pendaki menggunakan madu sebagai bekal ketika summit attack.

2. Gula Jawa
Mengandung banyak karbohidrat, zat tersebut berfungsi untuk memberi asupan energi pada tubuh. Cukup diemut gula merah tersebut ketika anda merasa lemas ataupun lesu, karena glukosa yang terkandung didalamnya cukup mudah untuk dicerna
Selain itu, gula jawa memiliki sifat hangat dan memiliki rasa manis alami. Di dalamnya terkandung unsur yang bersifat menguatkan limpa, menambah darah, meredakan nyeri, memperlancar peredaran darah dan menghangatkan lambung.

3. Coklat
Sama seperti gula jawa, kandungan karbohidrat sebagai asupan energi tubuh. Namun, saat menikmati coklat maka satu hal yang tidak bisa dihindari yaitu ketika coklat menempel di rogga mulut, rasa manis yang pas, ditambah aromanya yang dapat membangkitkan semangat ketika proses mendaki serta dapat menciptakan rasa bahagia pada saat anda menikmatinya

4. Roti Selai Kacang
Roti selai kacang merupakan salah satu makanan yang cocok untuk pemuas lapar. Selain mudah dan ringan untuk dibawa, sebuah studi yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition menemukan orang yang memakan selai kacang akan mengalami penurunan keinginan makan selama 12 jam. Kandungan protein pada roti dan Vitamin B6 pada selai kacang (bersama dengan zinc, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C) diperlukan di dalam sintesis hemoglobin pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam metabolisme protein serta dalam penggunaan glikogen pada otot sebagai sumber energi.

sumber : http://ulinulin.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here