Berawal Diajak Teman, Wanita Ini Sukses Mendaki 7 Puncak Tertinggi Indonesia!

0

Mendaki gunung, ketika mendengar kata-kata tersebut langsung terlintas dipikiran kita sebuah aktivitas yang menguras banyak tenaga, waktu, pikiran, bahkan keuangan. Mendaki gunung juga identik dengan aktivitas yang banyak dilakukan oleh kaum pria yang membawa ransel tinggi dipundaknya hingga melampaui kepala.

Namun kini kegiatan mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh kalangan tertentu saja, tak sedikit kaum wanita kini menggeluti salah satu olahraga ekstrim ini, yakni mendaki gunung. Tika Dwi Aryanti, pendaki muda wanita asal Depok ini telah berhasil menyelesaikan pendakiannya di tujuh gunung tertinggi di Indonesia atau yang kita kenal dengan Indonesia Seven Summits.

Berawal dari ajakan teman-teman kuliahnya, Tika memulai kegiatan mendaki gunung sejak 2012, saat itu pertama kali ia mendaki ke Gunung Ciremai, Jawa Barat. Mendaki gunung adalah aktivitas yang sama sekali belum pernah ia lakukan saat itu, untuk itu ia sadar harus melakukan latihan fisik bersama dengan teman-temannya yang sudah berpengalaman.

Pendakian pertama membuatnya sangat berkesan dan jatuh cinta dengan kegiatan mendaki gunung, namun ternyata ia baru memulai membuat program dan jadwal mendaki gunung secara rutin setelah pendakiannnya yang ketiga. Saat itu juga ia mulai melengkapi perlengkapan pendakian yang belum ia miliki.

Tika yang lebih senang melakukan perjalanan sendiri alias solo traveler ini harus merencanakan sendiri jadwal maupun biaya pada setiap perjalanan. “Dengan membuat ittenary sendiri itu membantu mempersiapkan mental, karena dengan itu kita harus riset seperti cari informasi destinasi yang dituju dan juga banyak baca catatan perjalanan dari orang-orang yang telah melakukan trip ke destinasi tersebut” ujar Tika saat hadir dalam acara HUT PI Depok Raya (3/3).

Menyelesaikan target besar untuk bisa menapaki puncak-puncak gunung tertinggi di Indonesia tentu membutuhkan waktu dan proses yang panjang, namun dengan tekad dan semangat yang kuat wanita berhijab ini bisa membuktikan itu semua. Berikut waktu pencapaian Tika dalam menyelesaikan pendakian Indonesia Seven Summits;
1. Semeru, Desember 2013
2. Rinjani, Mei 2014
3. Kerinci, Juli 2015
4. Binaiya, Mei 2017
5. Latimojong, Agustus 2017
6. Bukit Raya, Desember 2017
7. Carstensz, September 2018

“Latihan fisik dan mental diperbanyak supaya saat kita datang ke alam tidak sekedar senang-senang tapi kita juga paham medan dan siap dengan segala kondisi yang akan terjadi dan selalu minta doa restu orang tua saat melakukan pendakian”, imbuh Tika saat diminta tips bagi pemula yang ingin memulai kegiatan mendaki gunung.

So, buat sobat Alamian yang ingin kenal dengan Ka Tika ataupun tanya info seputar Indonesia Seven Summits bisa follow Instagram @tikadwiariyanti

Cintailah Alam Seperti Mencintai Diri Sendiri, Salamisme!!!

Penulis: Rezky Alfian F
Editor: Rezky Alfian F
Foto: Dokumentasi Tika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here