Kolaborasi WANADRI dan Indonesia Mengajar di Timur Indonesia

0

Pasti sobat Alamian sudah tidak asing lagi dengan dua organisasi ini, yap WANADRI dan Indonesia Mengajar.

“Festival Puncak Papua”

“Interaksi Masyarakat di Timur Indonesia”

Tahun ini dua organisasi tersebut akan berkolaborasi menyelenggarakan sebuah acara di timur Indonesia tepatnya di Pegunungan Bintang, Papua. Dengan nama “Festival Puncak Papua” dan mengusung tema “Interaksi Masyarakat di Timur Indonesia”, acara ini merupakan inisiatif yang lahir dari sejarah yang panjang.

Pada tahun 1991, WANADRI melakukan ekspedisi ke puncak-puncak Pegunungan Tengah dan menjadi tim Indonesia pertama yang menjajaki Puncak Mandala, sisi timur Puncak Cartensz, Pegunungan Bintang. Selama proses persiapan pendakian di Desa Mimin yang merupakan desa terakhir pada pendakian Gunung Mandala, WANADRI berinteraksi langsung dengan masyarakat dan menemukan bahwa masyarakat Desa Mimin memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi. Hal ini ditandai dengan penerimaan masyarakat terhadap tim ekspedisi WANADRI.

” Gerakan pendidikan di pegunungan papua”

Pada tahun 2015, Indonesia Mengajar mengirimkan sepuluh Pengajar Muda ke tiga desa di Pegunungan Bintang yakni Desa Pepera, Argapilong, dan Okatem. Pada tahun 2016, Indonesia Mengajar menambahkan lokasi penugasan Pengajar Muda menjadi enam desa dengan tiga desa tambahan yakni Mimin, Oksop, dan Bumbakon. Tugas Pengajar Muda lebih dari sekedar mengajar di kelas, tetapi juga melibatkan masyarakat dalam kemajuan pendidikan. Sehingga muncul gerakan-gerakan pendidikan di Pegunungan Bintang seperti Karnaval Anak Papua, Kapolres Mengajar, Surat Untuk Pepera, dll.

Adanya potensi-potensi berupa interaksi positif dan semangat memajukan pendidikan menjadi landasan Festival Puncak Papua diselenggarakan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan interaksi baru melalui kolaborasi organisasi pemuda-pemudi di Indonesia dan membentuk wadah interaksi interaksi langsung antara masyarakat  umum dan masyarakat Pegunungan Bintang untuk pengembangan pendidikan dan potensi daerah.

Rangkaian kegiatan Festival Puncak Papua antara lain:

  1. Ekspedisi Pendakian Puncak Mandala dan Ekspedisi Pendakian Puncak Yamin
  2. Live-in bersama masyarakat
  3. Festival Budaya

Buat sobat Alamian yang ingin berpartisipasi dalam bentuk donasi bisa langsung mengunjungi website festivalpuncakpapua

Penulis      : Rezky Peakventurer

Fotografer : Julian McAhonk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here