Secercah Harapan dari Sudan si Badak Putih dari Africa!

0

Pusat konservasi hewan di Kenya mengumumkan satu dari tiga ekor Badak Putih terakhir di dunia mati. Kabar kematian dari hewan satu ini tentunya mengejutkan dunia pada pertengahan Maret lalu.

Badak Putih terakhir yang mati itu ialah Sudan. Tim dokter hewan terpaksa menyuntik mati Sudan Senin (19/3/2018). Sebab, dengan usianya yang telah mencapai 45 tahun, Sudan mengalami berbagai komplikasi penyakit. Hal ini tentunya membuat Badak Putih Afrika terancam punah. Mengingat Sudan merupakan Badak Putih jantan satu-satunya yang tersisa. Kini, spesies tersebut hanya menyisakan dua ekor betina.

Dilaporkan ABC News, tim konservasi berhasil mengambil sampel genetik dari Sudan sebelum dia disuntik mati. Melalui teknologi fertilisasi in vitro (IVF), Materi genetik Sudan dikumpulkan dan dilakukan inseminasi buatan kepada dua betina Badak Putih Afrika yang masih tersisa. Najin dan Fatu, dua Badak Putih Afrika Betina terakhir ini diharapkan bisa memiliki keturunan dengan teknologi tersebut sehingga mendukung upaya kelestarian sub spesies Badak Putih Afrika serta mencegah Badak Putih Afrika dari kepunahan.

 

Penulis : Julian A. Pratomo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here